Hot News
  • Hair

7 Hal Ini Dipercaya Dapat Mencegah Rambut Rontok

7 Hal Ini Dipercaya Dapat Mencegah Rambut Rontoktribecasalon.com

Mengalami rambut rontok adalah hal yang wajar ketika jumlah rambut yang rontok per harinya berkisar pada 50-100 helai rambut. Tapi jika lebih daripada itu, ada kemungkinan terjadi masalah pada rambut dan kulit kepala kamu. Tenang saja, kerontokan dapat dicegah kok. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya kerontokan rambut!

1. Jangan ikat rambut terlalu kencang

Advertisement

destinyconnect-5e235ee96d8a21f26a2bf071ad3019bd.pngdestinyconnect.com

Mengikat rambut dengan gaya ponytail yang kencang, kepang, dan cornrow adalah gaya rambut yang menarik rambut hingga ke akar. Gaya rambut seperti ini dapat memicu rontoknya rambut-rambut halus yang baru tumbuh. Jika kamu ingin mengikat rambut, jangan ikat terlalu kencang dan gunakan ikat rambut yang tidak memiliki besi penyambung. Hal ini dapat mencegah rambut kusut dan tersangkut pada besi sambungan tersebut.

2. Kurangi penggunaan alat penata rambut

standard-co-uk-04eaa659694fd2768c6d9a4a2b980450.pngstandard.co.uk

Panas dapat membuat ikatan pada setiap helaian rambut menjadi renggang dan berakibat pada kerusakan rambut. Jika kamu ingin menggunakan pelurus rambut atau alat pengeriting rambut, pastikan untuk tidak membiarkannya di satu area rambut terlalu lama dan gerakkan setiap sepuluh detik atau lebih. Atur juga suhunya agar tidak terlalu tinggi. Coba untuk biarkan rambut kamu kering secara alami sesering mungkin dan ketika kamu menggunakan alat styling, pastikan untuk menggunakan semprotan pelindung panas yang akan mengurangi risiko kerusakan rambut.

3. Hati-hati dalam pemakaian bahan kimia

thoughtco-com-89cf4a0a6196473b563035d513113a98.pngthoughtco.com

Advertisement

Sama seperti panas, bahan kimia juga berbahaya bagi rambut. Berbagai perawatan rambut yang ditawarkan di salon, seperti meluruskan atau mengeriting rambut, bleaching, dan mewarnai rambut menggunakan cukup banyak bahan kimia dan berdampak pada kerusakan pada batang rambut, melemahkan rambut hingga membuat rambut jadi rontok. Jika kamu tidak bisa melepaskan diri dari perawatan yang menggunakan bahan kimia, pastikan rambut kamu mendapat perawatan deep-conditioning­ minimal seminggu sekali.

4. Memperhatikan asupan gizi

diet-42e11162aff7ea8084efe9553f5c9d5c.jpgdesignbyaikonik.com

Makanan yang memiliki kandungan vitamin dan mineral tinggi seperti zat besi, zinc, dan vitamin B12 dapat membantu memperbaiki helai rambut yang menipis. Pastikan makanan kamu mengandung banyak sayuran hijau, kacang-kacangan, ikan, dan daging tanpa lemak. Jika kamu kesulitan untuk mendapatkan makanan yang mengandung  vitamin dan mineral, kamu bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung zat-zat yang kamu butuhkan.

5. Gunakan produk yang membantu pertumbuhan rambut

heavy-com-6f7de18b465921a418c15e97b8fee183.pngheavy.com

Banyaknya perempuan yang mengalami masalah kerontokan rambut membuat berbagai brand perawatan rambut berlomba-lomba mengeluarkan produk perawatan rambut yang terbaik, nggak terkecuali perawatan untuk rambut rontok. Produk-produk tersebut mengandung banyak minyak dan mineral yang dapat membantu pertumbuhan rambut, menghancurkan bakteri yang dapat menyebabkan kerontokan rambut, meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, dan lain-lain.

Advertisement

6. Memijat kulit kepala

huffingtonpost-com-a7f912028c1ed0ddd265ccd4d1f74ead.pnghuffingtonpost.com

Sempatkan untuk melakukan pijatan-pijatan lembut pada kulit kepala ketika keramas. Pijatan pada kulit kepala dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala sehingga merangsang pertumbuhan rambut. Cara memijat kulit kepala adalah dengan gerakan melingkar yang lembut di seluruh kepala. Tak hanya melancarkan sirkulasi darah, pijatan ini juga memberikan efek relaksasi pada kepala.

7. Coba gunakan essential oil

essentialoilbenefits-com-e596ca08d6c32e5daab0e29151b44836.pngessentialoilbenefits.com

Essential oil menjadi pilihan banyak orang karena memiliki manfaat alami bagi tubuh, salah satunya dalam membantu proses pertumbuhan rambut. Beberapa varian essential oils seperti lavender, wortel, dan rosemary memiliki sifat regeneratif, menyejukkan, dan menyeimbangkan yang dapat memperbaiki kondisi kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Gunakan essential oil diiringi dengan pijatan lembut untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Jadi mulai sekarang nggak perlu takut rambut rontok lagi deh!

 

 

Penulis: Filza Intan Mariezka

BACA JUGA: 5 Kondisi Ini Bisa Jadi Penyebab Masalah Rambut Rontokmu

line

Related Articles

Comments

See More Articles