Hot News
  • Hair

Kebiasaan Mencabut Rambut? Mungkin Kamu Mengidap Penyakit Ini

Kebiasaan Mencabut Rambut? Mungkin Kamu Mengidap Penyakit Inisamuelleman.com

Kebiasaan Mencabut Rambut - Bela, tanpa disadari kita seringkali mencabuti rambut saat sedang tertekan atau stres. Namun, tahukah kamu ternyata kondisi ini memiliki istilah medis bernama Trikotilomania. Biasanya, kelainan ini dialami oleh orang-orang yang nggak hanya mencabuti rambut tetapi juga bulu mata dan alis. Trikotilomania dikategorikan sebagai penyakit psikologis pengendalian impuls (impulse control disorder). Kondisi seperti juga paling banyak dialami oleh perempuan dibandingkan laki-laki.

kebiasaan mencabut rambut 1

Advertisement

Belum ada hasil penelitian pasti tentang kelainan ini. Namun, para ahli menyatakan jika penderita Trikotilomania merasa kecanduan melakukan hal ini untuk melepaskan kecemasan atau stres. Ada pula yang menyampaikan jika hal ini berhubungan dengan genetik, chemistry otak, dan perubahan hormon.

kebiasaan mencabut rambut 2

Kamu memiliki kebiasaan mencabut rambut dari kulit kepala, alis, bulu mata atau bagian tubuh lainnya. Ada perasaan senang atau lega setelah rambut ditarik. Selain itu, kamu menyadari adanya kebotakan di bagian rambut yang telah ditarik.

kebiasaan mencabut rambut 3

Melakukan terapis psikologi merupakan metode yang efektif untuk mengatasi Trikotilomania. Melalui cara ini, penderita bisa belajar untuk mengindentifikasi akar penyakit ini bermula. Mereka juga dapat  belajar untuk meredakan ketegangan saat ingin menarik rambut. Selain itu, kelainan Trikotilomania juga bisa diatasi dengan obat antidepresan SSRi (selective serotonin reuptake inhibitor).

Itulah sekilas mengenai kebiasaan mencabut rambut, semoga bermanfaat, Bela.

BACA JUGA: Sudah Tahu Belum? Ternyata ada 6 Jenis Kerontokan Rambut Lho!

Advertisement
line

Related Articles

Comments

See More Articles