Hot News
  • Health

Fast Food dan Junk Food, Apa Sih Bedanya?

Fast Food dan Junk Food, Apa Sih Bedanya?weekendnotes.com

Gaya hidup serba instan kini membuat masyarakat lebih menyukai makanan yang penyajiannya cepat, sederhana dan nikmat walaupun memiliki kandungan yang nggak sehat. Semakin menjamurnya restoran dan kedai yang menyajikan makanan cepat saji namun nggak memiliki kandungan gizi yang seimbang menjadi pertanda bahwa junk food menjadi kegemaran masyarakat.

Kamu pasti pernah dengar istilah junk food dan fast food kan, Bela? Menurutmu artinya sama atau nggak? Mungkin keduanya terdengar sama tetapi artinya berbeda lho. Ingin tahu lebih lanjut? baca selengkapnya di sini yah.

1. Proses pengolahan makanan yang beda

junk-food-fast-food-1-066d94cc82e6c510b9dbe6b9ed7708e3.jpgwineanddine.com
 
Junk food atau yang berarti makanan rendah-gizi adalah istilah untuk makanan yang nggak sehat atau memiliki sedikit kandungan nutrisi. Junk food juga bisa disebut sebagai makanan nirnutrisi. Sedangkan fastfood adalah makanan cepat saji yang sebelumnya sudah dilakukan proses pengolahan tahap awal sehingga saat ada pesanan hanya melanjutkan proses pengolahan lanjutan yang waktunya relatif lebih cepat. 

2. Junk Food; makanan tanpa nutrisi

junk-food-fast-food-2-f458b4bfb4995750d2d2a5ecb5a07cc3.jpgeatbook.sg
 

Seperti yang disampaikan oleh Healthy Food Specialist, Steby Rafael secara eksklusif kepada Popbela, "Junk food  bisa dikatakan sebagai makanan yang menyenangkan tetapi tanpa nutrisi, beda dengan fast food ya. Kalau junk food kata orang Indonesia makanan sampah, ya memang begitu kenyataannya. Dimakan tapi tidak ada gizi yang bisa diambil," tutur Chef Steby dalam acara kampanye kesehatan #YakinSehat di Almond Zucchini Cooking Studio. 

3. Konsumsi dengan bijak

burger-ef3108142e9d9d393ffffd2e49ba6e64.jpgfoodandwine.com
 

Chef Steby menambahkan bahwa ketika ingin memulai pola hidup sehat, kita harus memikirkan gizi apa saja yang terkandung dalam makanan yang kita konsumsi dalam satu piring. Lemak tidak jahat seperti yang selama ini diasumsikan. Justru lemak diperlukan untuk menunjang kesehatan tubuh kita namun jika terlalu banyak memang akan menimbulkan penyakit.

4. Junk food lebih berbahaya dibandingkan fast food

burger-71e77b7b4c067d5b5769ed87d21d18a0.jpghellooverboy.com
 

Junk food dianggap berbahaya karena memilik kadar lemak dan garam yang sangat tinggi karena biasanya sudah digoreng atau dipanaskan berkali-kali. Contoh junk food ialah mie instan, hamburger, pizza, hot dog dan kentang goreng. Lalu, tidak semua makanan yang tergolong fast food itu tidak sehat. Contoh fast food yang baik dikonsumsi misalnya adalah buah potong segar. Asupan ini juga termasuk cepat saji, namun nggak membahayakan kesehatan.

Bela, sudah bisa kan membedakan fast food dan junk food? Kurangi makan junk food ya! Selain memberikan dampak yang buruk kepada kesehatan, harga junk food juga tergolong mahal, lho. 
 

Penulis : Shintya Maharani 

BACA JUGA : Tubuh Ideal Tidak Membuat Supermodel Ini Tahan Untuk Tidak Memakan Junkfood

line

Related Articles

Comments

See More Articles