Hot News
  • Health

Setelah Bercinta, Lakukan 6 Cara Ini agar Miss V Tetap Sehat

Setelah Bercinta, Lakukan 6 Cara Ini agar Miss V Tetap Sehatpinterest.com

Menghabiskan waktu yang intim bersama pasangan memang sangat menyenangkan. Setelah melalui kegiatan seks yang penuh emosional, biasanya kita akan merasa kelelahan dan tidur bersama dalam dekapan orang terkasih, atau mengenakan kembali pakaian untuk melanjutkan rutinitas lain yang tertunda. 

Dilansir dari Byrdie, ada beberapa langkah after sex yang perlu dilakukan sebelum beristirahat atau bergerak kembali. Mengapa? Beberapa ginekologis mengungkapkan kalau periode after sex dapat menentukan kesehatan organ reproduksi kita, Bela. Coba cek yuk!

after-sex-1-fedf14b4a453de2e20704a5f446c7431.jpg
 

Jessica A. Shepherd, MD dari SweetSpot Labs mengatakan jika buang air kecil setelah bercinta penting karena dapat membantu menyingkirkan bakteri di saluran kencing dan menghindari infeksi pada bagian itu. Buang air kecil juga mencegah masuknya bakteri ke kandung kemih. Sarannya, coba buang air dalam kurun waktu 15 menit setelah bercinta.

after-sex-2-d2df0ba90cc9eacd88239c5c74758f9a.jpg
 

Bersihkan secara lembut bagian luar Miss V dengan air atau sabun yang bebas paraben dan parfum. "Pembersih dengan bahan itu dapat membuat Miss V iritasi. Sedangkan parfum dapat menstimulasi perkembangan bakteri yang menghasilkan odor," ujar Shepherd. Selain itu, menurut Sheeva Talebian co-founder TrulyMD, jangan mencuci secara berlebihan dan menyemprot Miss V secara langsung.

after-sex-3-f5fd77bad56f43252278dd52c5cc2fb2.jpg
 

Sebagian orang merasakan nyeri setelah seks, boleh jadi karena iritasi dari kondom atau kondisi ginekologis yang serius. "Jika terjadi pendarahan abnormal atau nyeri, itu bisa menjadi tanda adanya infeksi atau lesi pada saluran reproduksi. Hubungi dokter jika mengalami gejala ini," ujar Talebian.

after-sex-4-9c6a258f93defb94c58a4b323c01a2e0.jpg
 

Buah cranberry diyakini sebagai obat terbaik untuk infeksi saluran kencing, juga sebagai pencegahan yang ampuh. "Jus yang nggak diberi pemanis atau pil cranberry dapat menurunkan risiko infeksi saluran kencing," ujar Brian A. Levine, MD, MS, FACOG, dan direktur CCRM NY, "Takaran jus atau pil yang dibutuhkan dan lama waktu konsumsi sedang diteliti. Idenya, jus cranberry dapat mengubah pH urin dan menghambat pertumbuhan bakteri."

after-sex-5-19af7251dcc80300d90993487c46f837.jpg
 

"Ketika menggunakan kondom sebagai kontrasepsi dan pencegahan STD, pastikan produk nggak rusak dan dibuang setelah digunakan. Sedikit saja bahan kondom yang tertahan di Miss V setelah seks merusak fungsi utamanya dan menimbulkan risiko infeksi dan kehamilan," ujar Levine.

after-sex-6-2400f5eb1ad3ebd936e2edc78b01d694.jpg
 

Terakhir, Talebian menyarankan untuk mempertimbangkan pemeriksaan STD atau berkonsultasi dengan ginekologis ketika bercinta tanpa bantuan alat kontrasepsi.

Jadi sebelum beristirahat dalam dekapan atau kembali beraktivitas, pastikan untuk melakukan langkah di atas untuk menjaga kesehatan reproduksi kita ya Bela.

BACA JUGA: 5 Hal Biasa yang Memalukan Jika Terjadi Saat Bercinta

line

Related Articles

Comments

See More Articles