• Health

Clean Sleeping, Tren Hidup Sehat yang Patut Dicoba

Clean Sleeping, Tren Hidup Sehat yang Patut Dicoba wallpaperswisely.com

Nyatanya, bukan hanya industri fashion dan beauty saja yang berlomba membuat tren, dunia lifestyle atau gaya hidup pun ikutan membuat sesusatu yang baru di tahun baru ini. Kini, bukan saja konsep clean eating yang menjadi hal yang digandrungi, namun kini muncul konsep clean sleeping atau tidur bersih. Konsep clean sleeping ini sendiri dipopulerkan pertama kali oleh aktris Gwyneth Paltrow.

“Tidur memiliki peran yang sangat penting dalam mengontrol nafsu makan dan tingkat energi kita. Saya percaya, tidur harus menjadi prioritas, bahkan sebelum kita memutuskan untuk melakukan diet.” jelas Gwyneth.

Tidur memang sangat bermanfaat untuk tubuh. Bukan saja berguna untuk memulihkan energi namun tidur juga dapat meningkatkan metabolisme serta meregenarasi sel tubuh kita. Jadi, jika kita tidak memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas, maka tubuh kita akan menjadi lemah, mudah sakit, bahkan yang lebih parah dapat merusak otak. Nggak mau, kan?

Nah, berikut tips sederhana yang dapat kamu lakukan jika ingin menerapkan clean sleeping.

1. Tidur minimal 8 jam

 

Aturan waktu tidur ini ternyata bukan main-main. Setelah seharian beraktivitas, tubuh memerlukan istirahat yang cukup dan berkualitas agar tetap dapat berfungsi dengan baik. “Kamu mungkin berpikir tidur sehat ini hanya untuk orang paruh baya. Akan tetapi kalo kamu merasa mudah marah, cemas, depresi, dan pelupa, itu semua mungkin disebabkan karena kamu kurang cukup tidur,” kata Gwyneth.

2. Lakukan pijat kepala

 

Bukan merupakan kewajiban, tetapi melakukan pijat kepala akan membuat kamu lebih rileks dan tidurmu dijamin akan lebih nyenyak. Dengan memijat titik-titik tertentu di kepala, akan menstimulasi sel-sel dalam tubuhmu yang akan membuatmu lebih nyaman dan bisa terlelap dengan baik.

3. Hindari cemilan malam hari

 

Makan sesaat sebelum tidur malam dapat mengganggu sistem pencernaan dan merusak sistem detoks, jadi baiknya hindari cemilan malam hari. Makan terlalu banyak juga ternyata bisa membuat kualitas tidurmu menurun. Maka dari itu ada baiknya kamu mulai mengontrol makan malammu. Kamu juga bisa mencoba sistem jendela puasa 12 jam. Jika kamu selesai makan malam pada pukul 8, maka kamu baru boleh makan di keesokan harinya pada pukul 8 pagi. Dengan begini tubuh kamu akan terlatih mengontrol makanan yang masuk.

Siap menerapkan gaya hidup sehat yang satu ini?

BACA JUGA: Ini Buktinya Kalau Smartphone Bisa Membantu Kamu Lebih Bugar​

line

Related Articles

Simak 8 Ritual Singkat Sebelum Memejamkan Mata

Turban, Aksesoris Kepala Yang Dicintai Hijabers

Comments

See More Articles