Hot News
  • Skin

5 Bahan Alami sebagai Pengganti Sunblock untuk Melindungi Kulit

5 Bahan Alami sebagai Pengganti Sunblock untuk Melindungi Kulitflawless-magazine.com

Di musim panas ini, tentunya kamu membutuhkan sunblock untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan terhindar dari kerusakan akibat sinar matahari. Jika tidak, paparan sinar matahari hanya akan menghambat pertumbuhan sel kulit dan itu sangat berbahaya, apalagi saat siang hari. Jadi sebisa mungkin, sempatkanlah waktu untuk "membentengi" kulit sebelum keluar rumah. 

Kalaupun cadangan sunblock di rumah ternyata habis, kamu bisa gantinya dengan membuat sendiri di rumah. Selain lebih alami, kamu juga nggak perlu takut dengan bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Yuk catat resepnya!

Advertisement

1. Aloe vera

untitled-design-607c4c23ae59dec840196c5de45a0f50.pnghealevate.com

Gel lidah buaya merupakan gel multiguna yang memiliki sifat pelindung kulit dan mencegah sinar UV yang berbahaya. Untuk itu, campurkanlah sepuluh sendok gel lidah buaya, empat tetes minyak cengkeh, dan tujuh tetes minyak peppermint. Semakin gel di kombinasikan dengan minyak-minyak bergizi, maka semakin kuat pula dampaknya.

2. Alpukat dan minyak kelapa

untitled-design-22216f00e26c2f9bd01f9006ac4ccfe2.pngsupremehealth.com

Kedua bahan ini cocok jika digabungkan untuk membuat sunblock karena masing-masing memiliki kemampuan untuk melindungi kulit. Masukkanlah tiga sendok minyak alpukat murni dan empat sendok minyak kelapa ke dalam wadah. Jika sudah menyatu sempurna, simpanlah kedalam lemari es. Kamu bisa gunakannya kapanpun kamu mau.

3. Wortel

Advertisement

untitled-design-5064972e5d5dd330061ad6c542687cbd.pngbilgimerkezi.net

Bahan lainnya yang bisa melindungi kulit dari sinar matahari adalah wortel. Campurkanlah satu wortel yang telah dihaluskan dengan lima sendok minyak zaitun, dua sendok air lemon, hingga tiga sendok madu. Jika semuanya sudah tercampur rata, kamu bisa gunakannya sekitar 30 menit sebelum pergi.

4. Minyak jojoba

untitled-design-ac6e12d6ac35b1378d9c71503a032833.pngootymade.com

Belum banyak yang tahu jika minyak jojoba memiliki perlindungan terhadap sinar ultra violet, sehingga jika kamu memakai minyak ini sebelum keluar rumah akan terhindar dari pengaruh buruk sinar matahari. Nggak hanya itu, nutrisi didalamnya juga bisa melembapkan kulit secara alami.

5. Minyak zaitun

untitled-design-d5009ccc205184162ce9f856137dc00e.pngdescopera.ro

Advertisement

Bahan terakhir pengganti sunblock bisa kamu dapatkan di minyak zaitun. Minyak ini sangat baik untuk melindungi kulit dari sinar ultra violet. Selain itu, minyak zaitun juga kaya akan antioksidan yang bisa mencegah kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Itulah lima macam yang bisa kamu jadikan sebagai pengganti sunblock. Selamat mencoba, Bela.

 

Penulis: Anisa Indraini

BACA JUGA: Bela, Sudah Tahu Belum? Ini Bedanya Sunscreen dan Sunblock

 

line

Related Articles

Comments

See More Articles